Senin, 30 Januari 2012

Bursa Eropa Berpotensi Melemah

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa pada perdagangan Senin (29/1) diprediksi akan melemah menjelang KTT Uni Eropa di Brussels. Pertemuan ini merupakan KTT pertama di tahun 2012.

Indeks FTSE berpotensi melemah 12 poin, indesk DAX berpotensi trun 22 poin dan indeks CAC akan trun 18 poin. Bursa Asia sudah menunjukkan pelemahan seperti indeks Hang Seng turun 0,85, indeks Nikkei turun 0,5%, indeks Shanghai turun 0,9%, indeks ASX turun 0,3%, indeks Kospi turun 1,2%m indeks STI turun 0,7%. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Para pemimpin Uni Eropa telah menyetujui rencana melakukan integrasi fiskal. Yunani berpotensi dapat menghindari gagal bayar pada Maret 2012 saat sejumlah obligasi jatuh tempo. Athena menghadapi pembayaran obligasi jatuh tempo senilai 14,5 miliar euro pada 20 Maret mendatang.

Jerman telah mendesak supaya Yunani lebih menggenjot pajak dan melakukan penghematan fiskal. Hal ini sebagai syarat menerima bailout 130 miliar euro atau senilai US$171,3 miliar. Menteri Keuangan Yunani, Evangelos Venizelos mengklaim telah menekankan dan mempertahankan kontrol terhadap anggaran.

Hari ini, pemerintah Italia dan Prancis akan melelang obligasi. Meskipun Fitch Ratings telah menurunkan peringkat utang Italia dari A-plus menjadi A-minus. Prancis harus kehilangan peringkat utangnya dari AAA menjadi AA oleh S&P.

Pasar juga mencermati pertemuan Perdana Menteri Italia, Mario Monti akan bertemu dengan Merkel dan Sarkozy menjelang kedatangan kepala pemerintahan Eropa lainnya di Brussels.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar