Senin, 30 Januari 2012

Jelang KTT Uni Eropa, Saham Asia Tenggelam

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia mengalami pelemahan di awal perdagangan Senin (30/1), dipicu data yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS lebih lambat dari perkiraan dan masalah yang belum terselesaikan dalam krisis utang Yunani.

Investor bersikap wait and see menjelang KTT Uni Eropa (UE) sore hari. Para pemimpin Blok UE akan menandatangani dana penyelamatan permanen untuk zona euro dan diperkirakan akan menyetujui anggaran berimbang sesuai aturan dalam undang-undang nasional, dengan masalah-masalah yang belum terpecahkan di Yunani membayangi selama diskusi.

Reuters mencatat FTSE CNBC Asia 100 indeks, yang mengukur pasar di Asia, menyelinap 0,3 persen. Saham average Nikkei Jepang jatuh di awal perdagangan, terbebani oleh hasil pendapatan perusahaan yang mengecewakan, sementara pertumbuhan ekonomi kuartal 4-2011 AS lebih lemah dari yang diperkirakan meski tumbuh pada kecepatan tercepatnya dalam 1,6 tahun. Nikkei turun 0,2 persen ke 8.820,98, mengarah kerugian ketiganya berturut-turut, sementara indeks topix turun 0,2 persen ke 759,74.

Saham Seoul jatuh pada perdagangan awal akibat investor mengambil jeda setelah empat minggu reli, mengamati hasil pembicaraan utang Yunani dan sinyal ekonomi lebih lanjut sebelum menempatkan taruhan tambahan. Kejatuhan saham dipimpin saham bank, dengan Shinhan Financial turun 1,7 persen, sementara Woori Financial jatuh 1,8%. Indeks harga saham gabungan Korea (KOSPI) turun 0,5 persen.

Saham Australia flat di awal perdagangan, menimbang data pertumbuhan ekonomi AS yang menunjukkan lebih lambat dari yang diperkirakan dan masalah yang belum terselesaikan dalam krisis utang Yunani. Benchmark S&P/ASX 200 indeks hampir datar di 4.925,5. Selandia baru benchmark NZX 50 indeks naik ke 3.296,4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar