Senin, 30 Januari 2012

PM China: Utang Pemerintah Aman dan Terkontrol

Medium
Perdana Menteri China Wen Jiabao mengatakan utang pemerintah negara pada tingkat yang secara keseluruhan di level aman dan terkontrol, yang dananya untuk proyek penting yang akan dipastikan dan menawarkan pengereman masalah yang akan dilakukan dengan cara untuk menghindari risiko sistemik.

Investor telah mengkhawatirkan skala utang yang dibangun oleh pemerintah daerah China, yang dapat mengancam stabilitas sistem perbankan.

Komentar Wen ini dilaporkan kantor People's Daily, Senin seperti dikutip Reuters, yang dibuat dalam sebuah pidato yang didating kembali awal Januari di government's flagship financial work conference. Wen berjanji untuk mengandung dan meredakan risiko utang pemerintah dan menghindari penyebaran risiko keuangan. "Saat ini, utang pemerintah secara keseluruhan aman dan terkontrol," katanya.

"Kita sedang mengatasi masalah pengelolaan utang pemerintah lokal yang sangat serius. Melalui pembenahan dan peraturan, tren memperluas kendaraan investasi telah secara efektif berisi."

Kantor audit negara China mengatakan awal bulan ini telah menemukan 530 miliar yuan (US$84 miliar) penyimpangan yang melibatkan utang pemerintah lokal. Tapi gambaran itu hanya sebagian kecil dari 2-3 triliun yuan dari pinjaman, yang ekonom percayai tertimbun di utang pemerintah daerah di yuan 10,7 triliun pada akhir 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar