Senin, 16 Januari 2012

Goldman: Bursa Eropa akan anjlok 10% dalam tiga bulan ke depan

LONDON. Goldman Sachs Group Inc meramal, mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Eropa akan mengalami penurunan sebesar 10% sebelum akhirnya pulih pada paruh kedua 2012 mendatang.

Menurut prediksi Gerald Moser, equity strategist Goldman Sachs London, Stoxx Europe 600 Index akan melorot ke level 225 dalam tiga bulan ke depan. Namun, dia juga meramal, indeks akan kembali pulih pada paruh kedua tahun ini mendekati level 250 hingga 270, dengan kenaikan sebesar 20%.

"Tahun ini merupakan tahun yang paling sulit. Investor mencemaskan tingkat ketidakpastian yang tinggi. Namun kami memprediksi pasar saham akan kembali melesat terkait adanya sejumlah resolusi di Eropa," urai Moser.

Dia menambahkan, resolusi akan didorong oleh kesepakatan antara Prancis dan Jerman mengenai cara mengatasi jumlah utang yang semakin membengkak dalam beberapa bulan ke depan.

Asal tahu saja, sejak awal tahun ini, Stoxx 600 sudah naik 2,5% seiring data ekonomi dunia yang melampaui estimasi analis. Selain itu, sentimen lain yang juga mempengaruhi bursa Eropa adalah penurunan yield obligasi di kawasan Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar