Senin, 16 Januari 2012

Sepanjang pekan lalu, Wall Street melesat terdongkrak optimisme China

NEW YORK. Sepanjang pekan lalu, mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa AS mencatatkan kenaikan. Alhasil, indeks Standard & Poor's 500 naik 0,5% menjadi 1.289,09 di sepanjang minggu lalu. Dengan demikian, sepanjang tahun ini indeks S&P 500 sudah melesat 2,5%.

Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,5% menjadi 12.422,06 pada periode yang sama.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS antara lain: Alcoa Inc yang melejit 7% setelah merilis kinerja yang melampaui estimasi dan Caterpillar Inc yang memimpin kenaikan pada indeks Dow Jones.

Aksi beli yang melanda Wall Street sepekan lalu disebabkan oleh sentimen dari China. Asal tahu saja, pelaku pasar berspekulasi bahwa pemerintah Negeri Panda akan menelurkan kebijakan baru untuk menggairahkan kembali pertumbuhan ekonomi mereka. Sentimen tersebut berhasil mengimbangi kecemasan mengenai pemangkasan peringkat utang sejumlah negara di Eropa.

"Ide bahwa China akan terus melakukan sesuatu untuk mendongkrak pertumbuhan manjadi isu yang sangat penting. Sebab, pertumbuhan China sangat tinggi sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dunia," jelas Jeffrey Kleintop, chief market strategist LPL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar