Jumat, 15 Juli 2011

Harga minyak dan logam jatuh, saham komoditas di pasar Asia tumbang

Harga minyak dan logam jatuh, saham komoditas di pasar Asia tumbang
TOKYO. Saham-saham komoditas di bursa Asia tertekan seiring jatuhnya harga minyak mentah dan logam.

Koreksi harga komoditas terjadi setelah Ketua Federal Reserves Ben S. Bernanke menyebut, tidak akan segera bertindak untuk merangsang perekonomian Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan pada negatif CreditWatch oleh Standard & Poor's.

Indeks regional MSCI Asia Pasifik bergerak tipis ke 135,77, pada pukul 09.44 di Tokyo. Indeks Nikkei 225 naik 0,35%, lalu indeks Kospi Korea Selatan masih maju 0,49%. Sedangkan, indeks Australia S&P/ASX 200 tumbang 0,53%, per pukul 8.40 WIB.

Saham-saham komoditas yang tumbang di Asia diantaranya, BHP Billiton terbesar di Australia yang jatuh 1,9% di. Lalu, saham produsen gas dan minyak terbesar kedua di Australia, Woodside Petroleum Ltd. tergelincir 1,6% di Sydney. Saham pedagang komoditas terbesar di Jepang, Mitsubishi Corp. melemah 0,3% di Tokyo.

Kemarin, minyak mentah untuk pengiriman Agustus jatuh 2,4% ke US$ 95,69 per barel di New York. Sedangkan, indeks London Metal Exchange yang mencakup harga enam logam industri termasuk tembaga dan aluminium turun 1,8%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar