Jumat, 15 Juli 2011

UNTR Akuisisi 3 Tambang Batubara Senilai US$121 Jt

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) telah meningkatkan kepemilikan saham dan mengakuisisi tambang batu bara senilai US$121 juta hingga Juli 2011.

Direktur Keuangan PT United Tractors Tbk Gidion Hasan menuturkan, perseroan telah menandatangani sale and purchase agreement (SPA) perusahaan tambang di PT Duta Sejahtera sebesar 60% senilai US$11 juta pada awal Juli 2011. Dengan SPA ini maka perseroan memiliki opsi untuk meningkatkan kepemilikan saham di PT Duta Nurcahya sebesar 60%. Kedua perusahaan tambang ini memiliki usaha tambang batu bara di Kalimantan Tengah.

Sekretaris Perusahaan UNTR Sara Loebis menuturkan tambang batu bara kedua perusahaan tambang batu bara itu masih green field. Diharapkan dalam waktu dua tahun tambang tersebut akan berproduksi.

Selain itu, perseroan meningkatkan kepemilikan saham di PT Asmin Bara Baronang dari 30% menjadi 60%. Gidion menuturkan, perseroan telah membayar penambahan kepemilikan saham itu sebesar US$90 juta untuk tahap pertama. "Kita akan full commitment bayar pada bulan depan," tutur Gidion.

Perseroan juga telah mengakuisisi perusahaan tambang batu bara sebesar 20% saham di PT Bukit Enim Energi sebesar US$20 juta. Dana untuk peningkatan saham dan akuisisi tambang batu bara ini didapatkan dari penawaran umum terbatas senilai US$700 juta. merealisasikan dana hasil penawaran umum sebesar US$300 juta.

Gidion menuturkan, pihaknya akan terus mencari lahan tambang batu bara. Perseroan akan mengembangkan lini bisnis tambang batu bara.

Seperti diketahui, perseroan telah memiliki PT Tuah Turangga Agung untuk cadangan batu bara sebesar 40 juta ton. Selain itu, cadangan batu bara PT Asmin Bara Baronang memiliki cadangan batu bara sebesar 60 juta ton dan PT Duta Sejahtera sebesar 25 juta ton hingga 100 juta ton. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar