Rabu, 28 September 2011

Awal Sesi, Bursa Asia Menguat Moderat

Awal Sesi, Bursa Asia Menguat Moderat
INILAH.COM, Sydney - Pasar saham Asia menguat pada Rabu (28/9), karena beberapa kepedulian para pembuat kebijakan untuk bekerja mengakhiri krisis utang Eropa.

Indeks Nikkei Stock Average Jepang naik 0,4%, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8%, dan di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 0,6%.

Saham naik di seluruh pasar dunia kemarin, setelah laporan menunjukkan bahwa pemerintah dan lembaga keuangan bekerja meningkatkan jumlah dana talangan bagi Eropa dan berencana merrekapitalisasi bank-bank yang dipilih.

Yunani juga melewati reformasi pajak properti, langkah besar target penghematan Athena untuk mengurangi tumpukan utang.

Namun, laporan Financial Times menjelang penutupan perdagangan AS menyatakan bahwa tetap ada keretakan yang mendalam antara para pemimpin di wilayah tersebut, dengan laporan kinerja menghalangi kenaikan bursa AS lebih lanjut.

Laporan itu mengatakan bahwa negara zona euro terpecah, antara ketentuan paket bailout kedua Yunani, dengan beberapa anggota dilaporkan mencari kreditor swasta untuk mengambil pinjaman lebih besar.

“Dengan pasar yang tersisa untuk perkembangan politik di Eropa pada khususnya, reli aset berisiko mungkin kehabisan tenaga," kata ahli strategi di Barclays Capital. Demikian dikutip dari Yahoo.com.

Saham finansial Jepang menguat, dengan Nomura Holdings Inc dan Daiwa Securities Group Inc naik masing-masing 2,9%.

Pemerintah Jepang dan Partai Demokrat Jepang mengatakan bahwa mereka akan menaikkan pajak sementara sebesar 9,2 triliun yen (US$ 120 juta), jumlah yang jauh lebih rendah daripada 11,2 triliun yen, hal yang sudah diekspektasikan pasar.

Sebagai bagian dari langkah itu, partai tersebut mengatakan akan menjual saham pemerintah di Japan Tobacco Inc, saham yang naik 7% di Tokyo.

Perusahaan energi juga menguat di Jepang, dengan harga acuan minyak mentah berjangka Nymex kembali ke US$ 83 per barel dalam perdagangan elektronik, mengindikasikan meredanya keprihatinan kejatuhan ekonomi global Eropa. JX Holdings Inc naik 4%, dan Inpex Corp melonjak 4,3%.

Perusahaan energi Australia juga naik, dengan Woodside Petroleum Ltd naik 2% dan Aurora Oil & Gas Ltd naik 2,7%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar