Rabu, 28 September 2011

Wow! Yen Naik Jadi Safe Haven Baru

Medium
INILAH.COM, Singapura - Nilai tukar yen Jepang menguat terhadap 16 mata uang mitranya dengan penurunan pesanan barang tahan lama AS dan ekonomi Prancis yang stagnan.

Yen telah mengalami penguatan terhadap euro sejak lima bulan lalu. Para eksportir Jepang berspekulasi untuk memulangkan pendapatan dari luar negeri mereka sebelum akhir kuartal ini.

"Tren saat ini masih mengalami keprihatikan terhadap perlambatan ekonomi global dan ketidakpastian krisis utang Eropa sehingga mengarahkan yen sebagai safe haven. Eksportir Jepang mempercepat pembelian yen pada akhir kuartal ini," kaa Hitoshi Asaoka, analis senior di Mizuho Trust & Banking Co, seperti dikutip dari bloomberg.com.

Kurs yen naik 103,85 per euro di Tokyo siang ini dari 104,34 di New York kemarin. Jadi telah mengalami penguatan hingga 8,1% pada bulan ini. Mata uang Jepang ini juga naik 0,3% menjadi 76,55 per US$. Euro kehilangan 0,1% menjadi US$1.3588.

Data pemesanan barang tahan lama di AS turun 0,2% pada bulan Agustus. Sementara Kantor Statistik Prancis mengkonfirmasi PDB negara itu pada kuartal II tidak berubah dari periode sebelumnya. Ini sejalan dengan prediksi pada awal bulan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar