Selasa, 20 September 2011

Danareksa urus emisi obligasi Rp 1 triliun

Danareksa urus emisi obligasi Rp 1 triliun
JAKARTA. PT Danareksa Sekuritas, tengah menyiapkan penerbitan obligasi Bank Ekspor Impor Indonesia. Nilai obligasi bank yang biasa dipanggil Bank Exim tersebut adalah Rp 1 triliun.

Obligasi ini merupakan tahap pertama dari penawaran umum obligasi berkelanjutan Bank Exim. Hasil penerbitan obligasi akan digunakan Bank Exim untuk memenuhi kebutuhan modal kerjanya.

Hasan, Direktur Investment Banking Danareksa Sekuritas, menuturkan, dalam penerbitan obligasi Bank Exim, Danareksa tidak sendirian. Danareksa bertindak sebagai joint lead underwriter (JLU) bersama Trimegah Securities dan Indo Premier Securities.

Danareksa akan menyerahkan dokumen penerbitan obligasi ini ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) serta ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Oktober mendatang. "Saat ini masih proses, bulan depan baru ke Bapepam-LK dan BEI," jelas Hasan, beberapa waktu lalu.

Sepanjang tahun ini, nilai underwriting Danareksa sudah hampir Rp 10 triliun. Menurut penilaian Hasan, penerbitan obligasi korporasi selama tahun ini lebih marak daripada tahun lalu.

Bahana Securities juga mengejar ekspansi bisnis underwriting, tahun ini. Yang terdekat adalah penerbitan obligasi berkelanjutan tahap kedua milik PT Medco Energy (MEDC) Tbk senilai US$ 50 juta, November 2011.

"Obligasi Medco sudah ada dalam pipeline. Sekarang sedang dalam proses bookbuilding. Kami harapkan bisa mulai berjalan November," tutur Direktur Bahana Securities Andhi Sidharta.

Selain Medco, Bahana juga tengah memproses penerbitan obligasi sebuah perusahaan tambang, senilai Rp 1 triliun. Rencananya, emisi obligasi tersebut akan dilaksanakan di kuartal IV-2011.

Sekuritas yang termasuk pemain kakap bisnis penjaminan ini juga menangani Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). "Masih ada satu lagi yang akan kami tangani namun kami boleh mengeksposnya," imbuh Andhi.

Mengutip data Bapepam-LK, total emisi obligasi korporasi sampai dengan 9 September 2011, nilainya mencapai Rp 28,213 triliun serta US$ 50 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar