Selasa, 20 September 2011

Siemens Tarik 0,5 M Euro Lebih dari Bank Prancis

Siemens Tarik 0,5 M Euro Lebih dari Bank Prancis
INILAH.COM, Jakarta - Siemens menarik lebih dari setengah miliar euro dari deposito sebuah bank besar Perancis dua minggu lalu dan dipindahkan ke Bank Sentral Eropa, sebagai pertanda bagaimana perusahaan mencari perlindungan di tengah krisis utang Eropa.

Kelompok industri Jerman ini menarik sebagian uangnya karena kekhawatiran terhadap kesehatan keuangan beberapa bank dan untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang lebih tinggi yang dibayarkan oleh ECB, seseorang yang mengetahui langsung masalah ini mengatakan kepada Financial Times.

Secara total, Siemens telah memarkir dananya antara 4-6 miliar euro ($5,4 miliar) di ECB, sebagian besar melalui deposito minggu lalu, orang ini mengatakan. Hanya segelintir perusahaan besar yang memiliki izin perbankan yang memungkinkan mereka untuk setoran tunai langsung ke ECB.

Pemindahan dana oleh Siemens ini menunjuk kepada dampak krisis utang yang memperdalam keyakinan krisis di negara-negara zona euro untuk bank-bank Eropa. Belum jelas dari bank apa Siemens menarik depositonya. Seseorang yang akrab dengan BNP Paribas mengatakan, bagaimanapun, bahwa bank tidak terlibat dalam masalah ini.

Siemens dan ECB menolak memberikan komentar. Langkah ini terjadi hampir setahun setelah konglomerat engineering terbesar di Eropa mempersiapkan diri untuk menghadapi krisis keuangan di masa depan dengan meluncurkan bank sendiri, sebuah langkah yang tidak biasa bagi kelompok industri di luar sektor mobil, di mana perusahaan menjalankan pembiayaan mobil besar dan bisnis leasing.

Dalam sebuah wawancara Desember lalu, Roland Chlons-Browne, chief executive unit jasa keuangan dari Siemens, mengatakan, bisnis perbankan kemungkinan akan mengalami tekanan likuiditas dari bank sentral dan deposito tunai di ECB. "Dalam kasus lain krisis keuangan, kita akan mampu memperluas fleksibilitas dan mengambil risiko dengan bank sendiri," kata Chlons-Browne saat itu. Siemens tidak hanya menggunakan ECB sebagai tempat untuk mengamankan dananya, tetapi juga untuk mengambil untung dari tingginya suku bunga bank sentral ketimbang di bank-bank komersial.

ECB membayar tingkat bunga rata-rata 1,01 persen pekan lalu untuk deposito satu minggu, dibanding dengan tingkat bunga rata-rata yang dibayarkan oleh bank-bank zona euro semalam 0,95 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar