Rabu, 21 September 2011

Mayoritas bursa emerging market reli karena optimisme ekonomi China

Mayoritas bursa emerging market reli karena optimisme ekonomi China
MUMBAI. Mayoritas bursa saham di negara berkembang (emerging market) menguat siang ini, setelah sempat jatuh di perdagangan pagi. Pergerakan positif pasar saham karena optimisme ekonomi China bisa menahan perlambatan global, dan sebelum Federal Reserve AS menyimpulkan hasil pertemuannya selama dua hari terakhir.

Indeks MSCI Emerging Markets naik hampir 0,1% ke 951,35 pada pukul 12.08 di Mumbai. Setiap tiga saham reli berbanding dua saham yang jatuh.

Adapun, indeks Shanghai melaju 2,6% setelah Conference Board mengatakan indeks indikator utama China naik 0,6% pada Juli lalu. Sementara, indeks Kospi reli 0,9%, indeks Taiwan TAIEX naik 0,6%. Tapi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta turun 0,7%.

chief investment officer dari Daiwa Asset Management India Pvt. N. Sethuram Iyer menyebutkan, Cina sampai batas tertentu bisa mengendalikan perekonomian. "Namun, pada akhirnya, jika negara maju dalam kesulitan, pasti akan berdampak pada pasar negara berkembang. Anda tidak dapat melarikan diri dari itu," ujarnya di Mumbai, hari ini.

Indeks Conference Board itu memberi sinyal adanya kelanjutan ekspansi ekonomi sepanjang tahun hingga akhir tahun ini. Katalis ini ini meredam sentimen negatif yang sebelumnya mencuat di pasar setelah IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun ini dan tahun depan.

Pasar juga optimis The Fed bakal mengambil langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi AS dan menekan angka pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar