Rabu, 21 September 2011

Mayoritas bursa Asia reli karena optimisme Yunani terhindar dari default

Mayoritas bursa Asia reli karena optimisme Yunani terhindar dari default
TOKYO. Mayoritas pasar saham Asia reli pagi ini. Pergerakan positif sebagian besar bursa regional terjadi karena optimisme krisis utang Eropa bakal mereda, sehinga mengangkat pendapatan eksportir. Sentimen tersebut menutupi kabar negatif yang sebelumnya mencuat ketika Dana Moneter Internasional memangkas proyeksi pertumbuhan global.

Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,2% ke 118,17 pada pukul 10.03 di Tokyo. Setiap tiga saham naik, berbanding dua saham yang melemah. Indeks regional ini telah jatuh selama dua mpekan terakhir karena kekhawatiran menyebarnya krisis Eropa menyebar dan sinyal perlambatan pertumbuhan ekonomi AS.

Adapun, indeks Nikkei 225 reli 0,1%, dan indeks Korea Selatan Kospi juga naik 0,1%. Sedangkan indeks Australia S & P/ASX 200 turun 0,1%.

Semalam, pernyataan Uni Eropa menyebutkan, Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos telah membuat kemajuan yang baik dalam putaran kedua pembicaraan dengan Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional terkait upaya menghindari default utang. UE menyatakan akan kembali ke Athena pada pekan depan untuk pembicaraan lebih lanjut.

Sebelumnya, pasar juga cukup optimis Yunani akan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bailout lanjutan. Spekulasi ini telah menopang pasar. Apalagi, investor juga berspekulasi hari ini, Federal Reserve akan mengumumkan langkah-langkah untuk menopang perekonomian AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar