Kamis, 20 Oktober 2011

Bursa China melorot ke level terendah dalam 31 bulan terakhir

Bursa China melorot ke level terendah dalam 31 bulan terakhir
SHANGHAI. Indeks acuan saham China hari ini ditransaksikan melorot. Pada pukul 11.30 waktu Shanghai, indeks Shanghai Composite Index mencatatkan penurunan 46,3 poin atau 2% menjadi 2.331,24. Ini merupakan level terendah dalam 31 bulan terakhir atau sejak 25 Maret 2009 lalu. Sementara CSI 300 Index turun 2,5% menjadi 2.519,36.

Salah satu saham berkapitalisasi besar yang mempengaruhi pergerakan bursa China adalah Jianxi Copper Co yang anjlok 5,5% di Shanghai. Selain itu, China Southern Airlines Co mencatatkan penurunan terbesar untuk saham maskapai setelah China Business News menulis asosiasi penerbangan memprediksi penurunan pertumbuhan penumpang tahun ini.

Penurunan bursa China terkait dengan adanya sejumlah sinyal perlambatan pertumbuhan ekonomi Negeri Panda. Selain itu, ada pula sentimen negatif dari Eropa, di mana Prancis dan Jerman tak sependapat dengan strategi penyelamatan Eropa yang mengancam outlook ekonomi global.

"Investor saat ini tengah berhadapan dengan perlambatan ekonomi global, yang kemungkinan akan menyebabkan pasar berfluktuatif. Krisis Eropa menjadi kekhawatiran utama investor," urai Liu Jianwei, fund manager Bosera Asset Management Co.

Catatan saja, di sepanjang tahun ini, indeks Shanghai sudah anjlok 17%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar