Kamis, 20 Oktober 2011

Hhmm.. Bursa Eropa akan Ikuti Asia dan AS

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa diprediksi akan melemah pada perdagangan Kamis (20/10) karena investor menunggu hasil pertemuan puncak Uni Eropa akhir pekan ini.

Saat ini menguat sinyal di Uni Eropa terjadi ketidaksepakatan tentang Fasilitas Stabilisasi Keuangan Eropa (EFSF). Pada pertemuan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel Rabu malam kemarin tidak meneritakan hasil pembahasan, yang dikutip dari yahoofinance.com.

Namun Sarkozy mengisyaratkan para pejabat Prancis yang mebahas soal masa depan ekonomi Eropa mulai terbelah soal EFSF.

Saat ini, Uni Eropa memiliki dana kurang dari 100 miliar euro atau setara dengan US$137,46 miliar untuk mengatasi kekurangan modal bank Eropa. Sedangkan alokasi dari IMF sebesar 200 miliar euro. Para pemimpin Uni Eropa terlebih dahulu melakukan ratifikasi rencana itu berdasarkan stress test yang dilakukan otoritas perbankan Eropa.

Perkembangan di Eropa ini telah membuat Wall Street melemah pada perdagangan Rabu kemarin. Demikian juga bursa Asia juga melemah. Apalagi euro juga melemah di pasar Asia dengan kekhawatiran Uni Eropa tidak ada kesepakaan lagi soal penanganganan krisis.

Bursa Asia melemah seperti indeks Hang Seng turuun 2,7% ke 17.779, indeks Shanghai turun 2,5% ke 2.316, indeks Nikkei turun 1,03%, indeks KLSE turun 1,2% ke 8.682, indeks STI turun 1,2% ke 2.686, indeks Kospi turun 2,7% ke 1.806, ASX turun 1,6% ke 4.144.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar