Kamis, 20 Oktober 2011

Dollar aussie tertekan karena cemas Eropa tak capai kesepakatan

Dollar aussie tertekan karena cemas Eropa tak capai kesepakatan
TOKYO. Dollar Australia melemah terhadap dollar AS dan yen. Mata uang yang kerap disebut dollar aussie ini tertekan karena pasa cemas pemimpin Eropa tidak akan mencapai solusi untuk mengatasi kriris pada pertemuan 23 Oktober mendatang.

Meski di awal perdagangan sempat menguat 0,4%, namun dollar Aussie tergelincir 0,4% ke level US$ 1,0185 pada pukul 13.46 waktu Sydney. Aussie juga melemah 0,5% ke posisi 78,17 yen.

Dollar aussie tertekan setelah Jerman dan Perancis berbeda pendapat terkait penambahan dana bailout Eropa. Meski dengan harapan yang lebih rendah, Kanselir Jerman Angela Merkel masih berusaha agar pembahasan solusi krisis Eropa mencapai klimaks pada pertemuan puncak di Brussels pada pekan ini.

Sentimen negatif dari Eropa itu memicu surutnya permintaan terhadap aset berimbal hasil lebih tinggi, termasuk mata uang Australia ini. Padahal, di awal perdagangan hari ini, dollar aussie sempat menguat karena spekulasi data ekonomi AS bakal positif. Hari ini, AS akan merilis data klaim pengangguran yang diperkirakan turun, dan indeks manufaktur negara bagian Philadelphia yang diproyeksi naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar