Jumat, 07 Oktober 2011

Lonjakan saham-saham finansial menyokong pergerakan bursa AS

Lonjakan saham-saham finansial menyokong pergerakan bursa AS
NEW YORK. Mayoritas saham di bursa AS reli kemarin malam. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 1,8% menjadi 1.164,97. Dengan demikian, dalam tiga hari terakhir kenaikan indeks S&P 500 mencapai 6%. Ini merupakan kenaikan tiga harian terbesar sejak 15 Agustus. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average naik 1,7% menjadi 11.123,33.

Saham-saham finansial dalam indeks S&P 500 naik 3,2% setelah menteri Keuangan AS Timothy F Geithner mengungkapkan bahwa perbankan AS sudah mulai kuat. Saham-saham finansial yang melaju kencang di antaranya: Bank of America Corp naik 8,8%, JPMorgan Chase & Co naik 5%, dan Morgan Stanley naik 4,8%.

Selain itu, beberapa saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS antara lain: Alcoa Inc yang naik 5,4% dan Target Corp yang naik 4,3%.

Rupanya, pasar berspekulasi, pimpinan Eropa sudah menunjukkan kemajuan dalam menangani krisis Eropa. "Eropa sudah menjadi awan hitam yang menggelayuti kepala kita. Jika ada upaya penyelesaian jangka panjang, pasar akan bergerak positif, khususnya sektor finansial," jelas Michael Mullaney dari Fiduciary Trust di Boston.

Bursa AS juga melaju ketelah data menunjukkan data pengajuan klaim pengangguran AS mencatatkan kenaikan yang lebih rendah ketimbang prediksi minggu lalu. Selain itu, pasar juga memprediksi, jumlah tenaga kerja akan meningkat 55.000 pada September dan tingkat pengangguran naik 9,1%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar