Jumat, 07 Oktober 2011

Spekulasi Eropa membantu perbankan, bursa Jepang dibuka positif

Spekulasi Eropa membantu perbankan, bursa Jepang dibuka positif
TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Jepang pagi ini kembali menanjak. Ini merupakan kenaikan dalam dua hari berturut-turut. Pada pukul 09.04 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,2% menjadi 8.627,96. Sedangkan indeks Topix naik 1,2% menjadi 745,75.

Jika dihitung, indeks Nikkei mencatatkan penurunan 0,9% di sepanjang pekan ini. Sementara, indeks Topix sudah melorot 2% pada periode yang sama.

Saham-saham berkapitalisasi besar yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: Honda Motor Co yang naik 2,2%, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc naik 2%, dan Sony Corp turun 1,2%.

Lonjakan bursa Jepang terjadi setelah investor optimistik bahwa pimpinan Eropa akan mengambil langkah strategis untuk melindungi perbankan dari krisis. Hal itu mendongkrak outlook perusahaan ekspor Asia.

"Sepertinya penentu kebijakan di Eropa memahami situasi yang dialami sistem perbankan. Mereka rela menambah kapitalisasi bank. Itu merupakan langkah positif, namun belum dilakukan. Saya rasa masih ada risiko di pasar hingga kita mendengar pengumuman resminya," urai Belinda Allen, senior investment analyst Colonial First State Global Asset Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar