Rabu, 26 Oktober 2011

Wall Street tenggelam oleh Eropa di zona merah

Wall Street tenggelam oleh Eropa di zona merah
JAKARTA. Bursa Amerika ditutup pada zona merah Selasa (25/10). Wall Street terbenam oleh tekanan Eropa. Dow Jones Industrial Average (DJIA) tenggelam hingga 207 poin atau 1,74% ke 11.706,62. Indeks S&P minus 25,14 poin atau 2% ke 1.229,05 dan Nasdaq tergerus 61,02 poin atau 2,26% ke 2.638,42.

Pasar masih kecewa pasca pembatalan pertemuan menteri-menteri keuangan yang kemudian meningkatkan keraguan di kalangan pelaku pasar bahwa lanjutan pertemuan European Summit hari ini bisa menghasilkan kesepakatan penanggulangan krisis zona euro.

Apalagi, pejabat ofisial Uni Eropa menyatakan bahwa para pemimpin kawasan tersebut diperkirakan belum akan memberikan gambaran yang jelas mengenai besaran dana yang akan digelontorkan untuk memerangi krisis.

Pendorongnya, diskusi mengenai beberapa permasalahan berjalan cukup alot. Misalnya, mengenai berapa kerugian yang akan diterima oleh perbankan dan institusi keuangan lainnya jika Yunani dinyatakan bangkrut. Hal ini sudah pasti menyurutkan minat pelaku pasar bertaruh di pasar modal.

Sehari seelumnya, Kanselir Jerman Angela Merkel memastikan akan menambah dana EFSF menjadi 1 triliun euro. Utang Yunani juga bisa dipotong hingga 60%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar