Senin, 07 November 2011

Duh! Euro Melemah di Perdagangan Asia

Duh! Euro Melemah di Perdagangan Asia
INILAH.COM, Singapura - Kurs euro melemah terhadap dolar dan yen di perdagangan Asia pada Senin (7/11) dengan kekhawatiran terhadap kegagalan PM Italia Silvio Berlusconi menghadapi mosi tidak percaya dari parlemen, Selasa besok.

Mata uang Uni Eropa ini melemah 0,1% menjadi US$1,3773 dan turun 0,3% menjadi 107,58 per yen di Tokyo. Kurs Franc turun 0,7%terhadap euro setelah Bank Sentral Eropa (ECB) siap melakukan intervensi jika pelemahan franc menekan perekonomian Swiss, seperti dikutip dari bloomberg.com.

Hari ini indeks saham Asia turun 0,2%. Minyak dunia di Asia melanjutkan reli pekan lalu dan harga emas juga masih terus naik dalam enam pekan terakhir.

Parlemen Italia pada Selasa besok akan menentukan nasih pemeritnahan PM Berlusconi dengan mencermati laporan anggaran 2010. Sementara PM Yunani, Papandreou setuju mundur dan akan membentuk pemerintahan koalisi untuk mengamankan rencana bailout kedua dari IMF, Uni Eropa dan ECB.

"Ini adalah perbaikan jangka pendek tetapi pemerintahan baru tetap harus melakukan penghematan, peningkatan pajak terus-menerus," kata Kumar Palghat, analis dari Kapstream Capital.

Perhatian pasar berikutnya adalah Italia. Sumber ketidakpercayaan baru terus bermunculan seperti baru keluar dari hutan. Pasar tidak mengetahui secara persis masing-masing anggota Uni Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar