Senin, 07 November 2011

Euro melemah seiring tekanan pengunduran diri PM Italia

Euro melemah seiring tekanan pengunduran diri PM Italia
TOKYO. Pergerakan euro siang ini melemah terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Pada pukul 12.48 waktu Tokyo, euro melemah 0,1% menjadi US$ 1,3776 dari sebelumnya US$ 1,3792 pada 4 November lalu di New York. Selain itu, euro juga melemah 0,3% terhadap yen ke posisi 107,60 yen. Sedangkan dollar melemah 0,2% menjadi 78,10 yen.

Pelemahan euro terjadi setelah pihak aliansi menekan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi untuk menyerahkan tampuk kekuasaannya sebelum dilakukan voting parlemen terhadap anggaran 2010, besok (8/10).

"Saat ini fokus pasar mengarah ke Italia. Tingkat yield atas obligasi Italia kemungkinan akan terus menanjak kecuali jika Berlusconi mengundurkan diri. Pergerakan euro masih akan dipengaruhi oleh berita dari Eropa," jelas Yunosuke Ikeda, analyst of foreign exchange research Nomura Securities Co.

Catatan saja, tingkat yield untuk obligasi Italia berjangkawaktu 10 tahun melonjak ke level 6,37% pada 4 November lalu. Angka tersebut kian mendekati level yield yang mendorong Yunani, Irlandia, dan Portugal untuk mencari dana bailout.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar