Senin, 07 November 2011

Krisis politik di Eropa menyebabkan investor di Asia cemas

Krisis politik di Eropa menyebabkan investor di Asia cemas
TOKYO. Sebagian besar indeks acuan di kawasan Asia melorot sore ini. Ambil contoh, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang yang turun 0,4%, indeks Hang Seng Hongkong turun 0,2%, Shanghai Composite Index China turun 0,8%, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,5%, dan indeks S&P/ASX 200 turun 0,2%. Sementara, pasar saham di India, Malaysia, Filipina, dan Singapura ditutup karena libur nasional.

Penurunan di sejumlah indeks acuan Asia itu menyebabkan bursa Asia ikut melorot. Pada pukul 15.34 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2% menjadi 120. Pada pekan lalu, indeks acuan Asia ini sudah merosot 3,6%, penurunan mingguan terbesar sejak 23 September lalu.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia adalah: Standard Chartered Plc yang turun 1,3%, Takeda Pharmaceutical Co turun 2,3%, dan Cnooc Ltd turun 2,5%.

Penurunan bursa Asia terjadi setelah Perdana Menteri Yunani George Papandreou menyetujui pengunduran dirinya dan Perdana Menteri Italia berupaya keras untuk memenangkan voting parlemen besok.

"Kondisi di Eropa kemungkinan bertambah buruk sebelum bertambah baik. Jika kita melihat pengalaman dalam 12-18 bulan terakhir di Eropa, krisis yang terjadi menyebabkan solusi yang tepat. Cara mereka berjalan adalah satu langkah ke depan dan dua langkah ke belakang. Kita harus terbiasa akan hal ini," papar Binay Chandgothia, portofolio manager Principal Global Investors kepada Bloomberg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar