Jumat, 09 Desember 2011

Kabar dari Eropa Gagalkan Penguatan Wall Street

Headline
INILAH.COM, New York - Bursa saham Wall Street melemah pada perdagangan Kamis (8/12) setelah Jerman menolak beberapa rancanan dalam KTT Uni Eropa dan ECB untuk tidak membeli obligasi Eropa.

Indeks Dow Jones turun 1,6% ke 11.997, indeks Nasdaq turun 1,9% ke 2.596 dan indeks S&P turun 2,1% ke 1.234. Pelemahan Dow dipimpin JPMorgan yang turun 5,2% dan saham Bank of America yang turun 5%. Dow melemah melewati level psikologis 12.000. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Indeks S&P melemah dipimpin sektor keuangan dan bahan baku. Pelemahan Wall Street melemah di akhir perdagangan dengan kabar tebaru dari Uni Eropa tersebut.

Dalam draff KTT Uni Eropa yang bocor, pemimpi Eropa sepakat untuk melakukan integrasi fiskal dan memperkuat mekanisme bailout. Namun Jerman menolak rancangan mekanisme Fasilitas Stabilisasi Keuangan Eropa (EFF) untuk perbankan dan penerbitan obligasi Eropa.

Investor sudah mencermati KTT ini sepanjang pekan ini. Rangkaian KTT sudah dimulai dengan jamuan makan malam pemimpin Eropa dan akan mulai pembahasan pada hari Jumat .

"Kita telah melihat reli pada awal perdagangan tetapi setelah skeptis dengan KTT yang terjadi perbedaan pandangan sehingga sangat tidak realistis untuk mendapatkan hasil yang memuaskan semua pihak," kata Jay Wong dari Payden Value Leaders Fund.

Investor juga kecewa dengan pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi yang berpotensi tidak membeli obligasi negara Eropa. Dia melihat prospek ekonomi di Eropa yang masih memiliki ketidakpastian yang tinggi dan risiko penurunan substansial.

Pernyataan ECB ini setelah memutuskan memangkas suku bunga acuan 25 basis poin sebagai respon krisis utang Eropa dan untuk meredam inflasi yang tetap tinggi.

Sementara data dari AS, klaim tunjangan pengangguran turun 23.000 menjadi 381.000. Sedangkan persediaan grosir bulan Oktober, sebagai level tertinggi dalam 5 bulan terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar