Jumat, 09 Desember 2011

UE Gagal Sepakati 'Treaty Change' 27 Negara

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Uni Eropa gagal untuk mengamankan dukungan dari 27 negara anggota untuk mengubah perjanjian (treaty change) Uni Eropa pada KTT pada hari Jumat (9/12).

Reuters melaporkan tiga orang diplomat EU menyatakan itu berarti kesepakatan sekarang mungkin akan melibatkan 17 negara zona euro ditambah yang lain yang ingin bergabung.

Kesepakatan 27 negara gagal setelah Perdana Menteri Inggris David Cameron menuntut konsesi bahwa Jerman dan Perancis tidak bersedia untuk memberikan, salah satu pejabat mengatakan. Selama hampir 10 jam pembicaraan berlangsung hingga malam, pemimpin EU berhasil mencapai kesepakatan mengenai batas atas dana bailout permanen zona euro atau mekanisme stabilitas Eropa (ESM), seraya mengatakan itu akan dibatasi pada angka 500 miliar euro.

"Angka itu akan ditinjau pada bulan Juli tahun berikutnya, ketika ESM mulai berlaku," ujar diplomat tersebut. Para pemimpin juga sepakat untuk mengeksplorasi ide untuk memberikan pinjaman bilateral ke Dana Moneter Internasional senilai 200 miliar euro, di mana 150 miliar euro berasal dari zona euro, untuk meningkatkan sumber dana IMF untuk mengatasi krisis utang Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar