Jumat, 09 Desember 2011

Moody's Downgrade Rating Kredit 3 Bank Perancis

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody's menurunkan rating utang BNP Paribas, Societe Generale, dan Credit Agricole pada hari Jumat (9/120.

Mengutip Reuters, Moody's mengatakan penurunan peringkat kredit ketiga bank Perancis tersebut karena lingkungan operasi yang rapuh bagi bank Eropa.

Moody's memangkas peringkat utang jangka panjang BNP dan Credit Agricole sebanyak satu not ke 'Aa3', menyimpulkan kajian yang dimulai pada bulan Juni dan terus pada bulan September. Utang jangka panjang Societe Generale dipotong satau not ke 'A1'.

Downgrade ini didorong oleh meningkatnya kesulitan Bank dalam menaikkan pendanaan dan memburuknya outlook ekonomi. Tapi Moody's mengatakan peringkat ini dilakukan dengan memperhitungkan fakta bahwa ketiga bank mungkin diuntungkan dari dukungan negara jika krisis lebih dalam terjadi. "Kondisi likuiditas dan pendanaan telah memburuk secara signifikan untuk (tiga bank)," kata Moody's, seraya menambahkan bahwa bank secara historis mengandalkan pendanaan pasar.

Probabilitas bahwa (bank) akan menghadapi tekanan pendanaan lebih lanjut yang telah meningkat dengan memburuknya krisis utang Eropa. Ketiga bank ini telah melakukan program penjualan aset untuk mengurangi ketergantungan mereka dari pendanaan luar. Tetapi Moody's mengatakan bahwa sejak banyak bank-bank Eropa yang melakukan hal yang sama seperti penjualan aset, tidak mungkin menghasilkan uang sebanyak yang diperkirakan bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar