Jumat, 09 Desember 2011

Langkah Bank Sentral Eropa Jerumuskan Saham Asia

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia pada perdagangan Jumat (9/12) diawali dengan pelemahan setelah saham di seluruh dunia jatuh akibat Bank Sentral Eropa, sementara memangkas suku bunga seperti yang diperkirakan, menghentikan sementara tawaran langkah-langkah 'bazooka', seperti lebih banyak membeli obligasi pemerintah.

Reuters melaporkan kekhawatiran bahwa KTT Uni Eropa tidak akan menghasilkan tindakan tegas untuk meringankan daerah krisis fiskal selama dua tahun juga menjadi pertimbangan terhadap sentimen pasar. Jerman menolak beberapa langkah dalam rancangan kesimpulan dari puncak pertemuan kepala EU pada hari Kamis, termasuk memberikan mekanisme stabilitas Eropa (ESM), sebuah lisensi perbankan dan menerbitkan surat utang zona euro, sumber senior Jerman mengatakan.

FTSE CNBC Asia 100 indeks, yang mengukur pasar Asia turun 1,2 persen. Nikkei average Jepang turun setelah saham global merosot akibat langkah-langkah dari Bank Sentral Eropa yang mengecewakan beberapa investor. Nikkei jatuh 1,7 persen ke 8.524,27, jatuh ke tingkat terendah sejak 30 November. Indeks Topix turun 1,1 persen menjadi 736,75.

Saham Seoul dibuka lebih rendah akibat Bank Sentral Eropa mengecewakan harapan investor. Kerugian awal dipimpin oleh saham perbankan, di mana Hana Financial turun 2,5 persen, dan Shinhan Financial turun 3%. Indeks harga saham gabungan Korea (KOSPI) turun 1,8% ke 1.882,8.

Saham Australia juga turun 1,5 persen pada hari Jumat akibat tindakan Bank Sentral Eropa. Benchmark S&P/ASX 200 indeks turun 62,3 poin ke 4.218,4. Indeks menyelinap 0,3 persen pada hari Kamis. Sementara benchmark saham Selandia Baru NZX 50 indeks jatuh 0,4 persen ke 3.255,5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar