Kamis, 26 Januari 2012

Sentimen global masih mendorong bursa regional

TOKYO. Sudah dua hari belakangan, pergerakan bursa Asia bergerak positif. Pada pukul 15.27 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8% menjadi 122.33. Sepuluh sektor yang ditransaksikan pada indeks ini tercatat naik. Jika dirata-rata, indeks MSCI Asia sudah naik 0,5% dalam tiga hari belakangan.

Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,4%. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,3%, dan indeks NZX 50 naik 0,1%. Sedangkan indeks Hang Seng catatkan lonjakan tertinggi sebesar 1,5%.

Kenaikan sejumlah saham bluechips menjadi motor penggerak indeks. Beberapa di antaranya Li & Fung Ltd yang naik 3,4 di Hong Kong, Cnooc Ltd yang naik setelah lonjakan harga minyak, dan Franshion Properties China Ltd yang mencatatkan kenaikan tertinggi di sektor properti.

Salah satu sentimen positif yang mendongkrak bursa Asia adalah: langkah the Federal Reserve yang akan mempertahankan kebijakan suku bunga rendah untuk mendongkrak pertumbuhan hingga 2014 mendatang. Bank sentral AS ini juga mempertimbangkan untuk membeli obligasi.

"Pernyataan the Fed disukai oleh pelaku pasar. The Fed secara jelas mengungkapkan, pihaknya akan kembali mencetak uang dan melonggarkan kebijakan," urai Ayoka Sera, market strategist Sumitomo Trust & Banking Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar