Selasa, 07 Februari 2012

Bursa Asia bergerak mengambang di dua zona

TOKYO. Pergerakan bursa Asia bergerak mengambang antara zona merah dan zona hijau. Pada pukul 16.33 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% menjadi 125,2.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 0,1% pada penutupan sore waktu Tokyo dan indeks Topix naik 0,4%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,5% dan indeks Shanghai Composite China turun 1,7%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: Jiangxi Copper Co turun 1,2% di Shanghai, National Australia Bank Ltd turun 4% di Sydney, serta HTC Corp turun 6,9% di Taiwan.

Pergerakan liar bursa Asia hari ini dipicu oleh sejumlah faktor. Salah satunya adalah investor menunggu hasil pembicaraan bailout Yunani di tengah peringatan krisis Eropa yang mengancam pertumbuhan ekonomi global.

"Segala sesuatu berjalan tidak terlalu hebat, namun sudah jauh lebih baik. Investor merasa pesimistis mengenai Eropa dan kita mulai melihat adanya sentimen positif. Yunani berdampak negatif bagi pasar, pada tahapan ini, kita semua berpikir mereka akan mencapai sejumlah kesepakatan," jelas Angus Gluskie, managing director White Funds Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar