Selasa, 31 Mei 2011

Bursa Jepang Pimpin Kenaikan Bursa Asia

Headline
INILAH.COM, Sydney - Bursa Asia melaju pada perdagangan Selasa (31/5) yang dipimpin bursa Jepang karena peningkatan produksi dan bursa China yang positif.

Indeks Nikkei naik 1,2% ke 9.615,54 ditopang saham teknologi seperti Sony Corp dan Sharp Corp. Produksi manufaktur Jepang naik 1% pada bulan April. Data ini sebagai tanda-tanda akan memulihkan perekonomian. Data menunjukan produksi manufaktor meningkat 8% pada bulan Meidari perkiraan sebelumnya 2,7%, yang dikutip dari yahoo.finance.com.

"Produski manufakur berbalik positif, itu sebagai hal yang positif," kata Naomi Fink, analis di Jefferies. Untuk pasar uang, dolar AS naik 0,2% menjadi 81,05 yen. Pelemahan yen membantu perusahaan eksportir. Sedangkan euro naik 0,6% menjadi US$1,43. Sementara bursa Hong Kong melanjutkan penguatan untuk delapan sesi yang dipicu sektor keuangan, utilitas listrik dan saham sumber daya.

Indeks Hang Seng naik 0,9% ke 23.385 dan indeks naik 0,4% menjadi 2.716,61. Utilitas power mendapat dorongan dari keputusan Beijing untuk meningkatkan tarif listrik di beberpa provinsi di China. Saham Huadian Power International Corp naik 2,9% dan Huaneng Power International Inc naik 2% di indeks Shanghai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar