Selasa, 31 Mei 2011

Go Private, Harga Tender Offer ALFA Rp4.500/Saham

Ilustrasi
JAKARTA - PT Alfa Retailindo Tbk (ALFA) berencana go private. Untuk itu, Carrefour Indonesia selaku pemegang saham utama ALFA menawar saham yang dimiliki pemegang saham publik melalui mekanisme penawaran tender (tender offer) dengan nilai Rp4.500 per saham.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (31/5/2011), Carrefour menguasai 99,54 persen saham ALFA atau 465.684.450 juta lembar saham, sisanya sebanyak 0,46 persen atau 2.135.550 lembar saham dimiliki oleh masyarakat.

Dengan demikian, Carrefour harus merogoh dana sebesar Rp9,6 miliar untuk membeli saham publik tersebut.

ALFA menjelaskan, alasan dilakukannya go private ini adalah karena sahamnya tidak aktif diperdagangkan atau tidak likuid, pemegang saham publik pun hanya terdiri dari 60 pemegang saham. Dan dalam tiga RUPS tahunan terakhir, pemegang sahama publik yang hadir hanya tiga pemegang saham saja. Perseroan pun selalu mendanai sendiri kegiatannya, dan tidak melihat adanya keperluan mencari dana di masyarakat.

Untuk itu, perseroan akan meminta izin dari pemegang saham publiknya melalui RUPS luar biasa yang akan digelar pada 30 Juni mendatang.
(wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar