Senin, 16 Mei 2011

Krisis utang Yunani dan pernyataan Obama membuat investor Asia cemas

Krisis utang Yunani dan pernyataan Obama membuat investor Asia cemas
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia dilanda aksi jual pagi ini. Sejumlah sentimen negatif turut mempengaruhi pergerakan bursa di kawasan regional. Di antaranya, kecemasan akan kian memburuknya krisis utang Yunani dan pernyataan Obama yang mengatakan kalau kegagalan dalam menaikkan plafon utang AS pada awal Agustus mendatang akan mengganggu sistem finansial global.

Asal tahu saja, pada pukul 09.35 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific mengalami penurunan 0,7% menjadi 135,17. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,6%, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,4%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1,4%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia di antaranya: BHP Billiton Ltd yang turun 1,9% di Sydney, Rio Tinto Group turun 1,5% di Sydney, Toyota Motor Corp turun 1,5% di Tokyo, dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc yang turun 0,3% di Tokyo.

"Investor saat ini lebih sensitif dalam mengambil resiko karena cemas akan isu krisis utang Yunani. Investor sepertinya memilih untuk menempatkan dana di obligasi yang lebih aman atau menggenggam dana tunai dibanding di pasar saham," jelas Toshiyuki Kanayama, market analyst Monex Inc di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar