Senin, 16 Mei 2011

Penguatan dollar bikin investor ogah menggenggam emas

Penguatan dollar bikin investor ogah menggenggam emas
SINGAPURA. Sudah dua hari belakangan, kontrak harga emas dunia mengalami penurunan. Melorotnya harga emas terjadi setelah Touradji Capital Management LP melepas seluruh sahamnya di SPDR Gold Trust. Sekadar informasi, SPDR Gold Trust merupakan bursa perdagangan emas terbesar dunia. Selain itu, penurunan harga emas juga terkait dengan menguat dollar AS.

Pagi tadi, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat di Comex New York turun 0,5% menjadi US$ 1.487,40 per troy ounce. Pada pukul 11.05 waktu Singapura, kontrak yang sama berada di posisi US$ 1.491,30 per troy ounce.

"Penguatan dollar terhadap euro menyebabkan aksi jual terhadap emas. Meski begitu, emas masih menjadi pilihan investor di tengah isu krisis utang Yunani," jelas Mark Pervan, head of commodity research ANZ Banking Group Ltd.

Sekadar informasi, harga emas sudah naik 5% tahun ini setelah melompat 30% di 2010.

1 komentar:

  1. Kalau saya sekarang malah lebih suka dengan trading di pair Euro terutama menggunakan pair EUR/USD karena berdasarkan pengalaman saya bahwa spread untuk pair ini rata - rata kecil sehingga memudahkan kita untuk bisa memperoleh profit dengan lebih mudah apalagi sekarang saya menggunakan broker octafx yang memberikan spread dengan floating minimal 0.2 pip tanpa ada komisi dengan lingkungan ECN yang sangat berbeda dengan broker lainnya

    BalasHapus