Kamis, 13 Oktober 2011

Mata uang Asia perkasa menyambut berita positif Eropa

Mata uang Asia perkasa menyambut berita positif Eropa
SEOUL. Mata uang Asia kembali perkasa. Hari ini, won Korea Selatan dan peso Filipina yang memimpin penguatan. Pada pukul 11.40 waktu Seoul, won menguat 0,8% menjadi 1.158,03 per dollar. Sementara, peso Filipina menguat 0,2% menjadi 43,31 dan dollar Taiwan menguat 0,2% menjadi NT$ 30,339.

Won Korea Selatan bertengger di level paling perkasa dalam tiga pekan terakhir di posisi 1.154,78 setelah Senat AS menyetujui kesepakatan perdagangan bebas dengan Korsel. Selain itu, dalam tiga hari terakhir, nilai pembelian saham-saham di Negeri Ginseng itu mencapai US$ 185 juta.

Sedangkan peso Filipina bercokol di posisi terkuat dalam empat minggu belakangan di tengah optimisme akan program pemerintah dalam meningkatkan anggaran belanja untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Sekadar tambahan, kemarin, Presiden Benigno Aquino merilis paket stimulus senilai US$ 1,7 miliar.

"Stimulus paket ekonomi akan berdampak positif bagi perekonomian. Peso mendapat keuntungan dengan adanya berita positif dari Eropa," jelas Ed Garcia, currency trader East West Banking Corp di Manila.

Secara umum, penguatan mata uang Asia pada hari ini terdongkrak optimisme bahwa Eropa akan berhasil menangani krisis utang. "Pasar saat ini cukup lega dengan adanya berita positif dari Eropa. Jika ingin melihat pasar saham terus melanjutkan reli, harus ada aksi nyata dari rencana yang dibuat," jelas Oh Suk Tae, head of research SC First Bank Korea Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar