Kamis, 13 Oktober 2011

Saham Eksportir Angkat Bursa Asia

Medium
INILAH.COM, Sydney – Bursa Asia naik pada Kamis (13/10), dengan perusahaan-perusahaan ekspor memimpin penguatan. Rencana terbaru untuk menyelesaikan krisis utang memicu munculnya risk appetite.

Di Jepang, indeks Nikkei Stock Average naik 1,1%, di Korea Selatan, indeks Kospi naik 1,3% dan di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 0,6%.

Kinerja di Asia mengikuti kenaikan di bursa AS dan Eropa, di mana saham didukung rencana untuk menopang bank-bank Eropa yang sedang sakit.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso meletakkan sebuah "peta jalan" untuk mengatasi krisis utang kawasan, yang mencakup rencana untuk memperkuat bank dan penerbitan pinjaman keenam untuk Yunani.

"Bank-bank yang terlibat harus menerima pemangkasan, dan Anda akan melihat efek penjualan di pasar saham," kata Tom Kaan, direktur penjualan ekuitas di Louis Capital Market di Hong Kong.

"Ini masalah yang sangat sulit diselesaikan, kecuali Yunani keluar dari Uni Eropa. Itulah kenyataan pahit yang dihadapi dunia, "tambahnya.

Slowakia diharapkan menyetujui peningkatan untuk fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa akhir pekan ini. Slowakia adalah satu-satunya negara anggota euro yang belum menyetujui perubahan pada EFSF, yang memungkinkan dana untuk intervensi di pasar obligasi dan membantu rekapitalisasi bank.

Perusahaan ekspor salah satu pemain terbaik di perdagangan Tokyo, didorong harapan pemulihan stabilitas keuangan di Eropa. Saham TDK Corp naik 5,6%, Sharp Corp naik 3,3% dan saham Citizen Holdings Co Ltd naik 3,1%.

Saham otomotif juga menguat, dengan Mazda Motor Corp naik 5,1% sementara Hyundai Motor Co Ltd naik 2,4% di Korea.

Pada perdagangan Sydney, perusahaan sumber daya terapresiasi. Produsen bijih besi Fortescue Metals Group naik 3,6%, sementara Rio Tinto Ltd nak 2,7%.

Saham maskapai penerbangan Virgin Australia Ltd naik 2,2%, setelah laporan bahwa regulator kompetisi Australia akan menyetujui aliansi yang diusulkan antara maskapai dan Singapore Airlines Ltd. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar