Kamis, 13 Oktober 2011

Bursa Asia melanjutkan reli di hari keenam

Bursa Asia melanjutkan reli di hari keenam
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia ditransaksikan naik hari ini. Dengan demikian, kenaikan bursa di kawasan regional sudah terjadi selama enam hari belakangan. Pada pukul 09.41 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,9% menjadi 117,23. Sehingga, dalam enam hari terakhir, lonjakan bursa regional ini mencapai 9,2%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,1%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 naik 0,9% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,3%.

Pergerakan sejumlah saham yang mempengaruhi bursa Asia antara lain: Honda Motor Co yang naik 1,9% di Tokyo, Sony Corp naik 2,1% di Tokyo, BHP Billiton Ltd naik 1,2% di Sydney, dan Iluka Resources Ltd naik 6,1% di Seoul.

Kenaikan yang terjadi pada pasar saham Asia terdorong sentimen positif dari Eropa. Asal tahu saja, pimpinan Eropa semakin dekat dalam merilis rencana penanggulangan krisis utang di kawasan tersebut. Selain itu, ada pula sentimen lain yakni pernyataan the Federal Reserve yang berencana membeli aset lebih banyak. Dua sentimen tersebut berhasil meredakan kecemasan investor mengenai pemulihan ekonomi global.

"Akhirnya, kecemasan mengenai masalah krisis utang Eropa yang akan mengguncang sistem finansial mulai mereda," jelas Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Investment Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar