Selasa, 01 November 2011

Investor kembali mencemaskan Eropa, bursa AS ditutup merosot

Investor kembali mencemaskan Eropa, bursa AS ditutup merosot
NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa AS anjlok kemarin malam. Pada pukul 16.00, indeks Standard & Poor's 500 turun 2,5% menjadi 1.253,30. Jika dihitung, indeks acuan AS ini melonjak 11% di sepanjang Oktober, kenaikan bulanan terbaik sejak 1991. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 2,3% menjadi 11.955,01.

Penurunan indeks acuan Negeri Paman Sam itu juga disebabkan aksi jual yang melanda sejumlah saham berkapitalisasi besar. Beberapa di antaranya: Morgan Stanley dan Citigroup Inc yang turun masing-masing 7,5%. Ada pula Alcoa Inc dan Chevron Corp anjlok 4,1%.

Penurunan bursa AS kali ini disebabkan oleh kecemasan investor bahwa pimpinan Eropa akan bekerja keras dalam menaikkan dana bailout yang bakal digunakan untuk mengatasi krisis utang Eropa.

Menjelang akhir transaksi perdagangan, bursa saham semakin tertekan setelah Perdana Menteri Yunani George Papandreou bilang, dia akan melaksanakan referendum terhadap hasil kesepakatan pimpinan Eropa atas negaranya.

"Sentimen negatif kembali menyerbu pasar. Eropa sudah mendapatkan strategi penyelamatan yang memberikan mereka waktu. Namun mereka tidak sedikit pun mendekati resolusi krisis tersebut," urai Jeffrey Saut, chief investment strategist Raymond James & Associates di Florida.

Catatan saja, bursa AS menanjak pada pekan lalu setelah pimpinan Eropa sepakat untuk menaikkan dana bailout. Selain itu, pertumbuhan ekonomi AS juga mencatatkan kenaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar