Selasa, 01 November 2011

PMI China Oktober Terendah Sejak Februari 2009

PMI China Oktober Terendah Sejak Februari 2009
INILAH.COM, Jakarta - Pabrik-pabrik besar China berjalan paling lambat dalam hampir tiga tahun pada bulan Oktober akibat order baru dan ekspor melambat, tetapi perusahaan kecil menunjukkan tanda-tanda perjuangan kembali dengan latar belakang global yang memburuk, indeks manajer pembelian (PMI) menunjukkan pada Selasa (1/11).

Mengutip Reuters, data PMI China Oktober terendah sejak Februari 2009, di 50,4 dibandingkan dengan September 51,2, menurut China Federation of Logistics and Purchasing (CFLP) yang merujuk Biro Nasional Statistik.
Investor mengambil pandangan redup terhadap data PMI Ghina tersebut. Dolar Australia turun hampir setengah persen terhadap dolar AS segera setelah indeks dirilis. "Penurunan PMI pada bulan Oktober akan memperlambat ekonomi lebih lanjut di masa depan," ujar Zhang Liqun, seorang peneliti dari Development Research Centre of the State Council.

Tapi Zhang Zhiwei, kepala ekonom China di Nomura Securities mengatakan faktor musiman bisa berada di balik rendahnya data PMI. "Mengingat PMI drop sebagian besar didorong oleh musim bukan dari kelemahan ekonomi, kami mempertahankan pandangan kami bahwa persyaratan cadangan dan tingkat suku bunga akan tetap tidak berubah untuk sisa tahun 2011," tulis Zhang dalam sebuah catatan klien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar