Selasa, 22 November 2011

Saham Unggulan Picu Bursa Eropa Menguat

Saham Unggulan Picu Bursa Eropa Menguat
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa menguat pada pembukaan perdagangan Selasa (22/11) walaupun akan dibatasi kekhawatiran krisis utang Eropa dan AS.

Indeks FTSE naik 0,9% ke 5.273,70, indeks CAC naik 1,5% ke 2.940,62 dan indeks DAX turun 1,3% ke 5.678,86. Indeks saham blue chip Eropa naik 0,8% setelah jatuh 3,3% pada perdagangan sebelumnya. Demikian mengutip yahoofinance.com.

"Ini tidak seperti penurunan yang diganti dengan kepercayaan yang tinggi. Ketidakpastian terhadap posisi lembaga rating setiap saat akan berpengaruh di pasar meskipun terbatas," kata Jeremi Batstone-Carr.

Kongres AS diyakini gagal menyepakati pemangkasan defisit anggaran senilai US$1,2 triliun dari 15 triliun untuk 10 tahun. Sentimen ini berbarengan dengan menjelang liburan Tanksgiving. Akibatnya investor lebih memiliki aksi jual di bursa Wall Street.

Beruntung lembaga rating Moody's, S&P dan Fitch sudah menyatakan tidak akan mengubah peringkat kredit pemerintah AS. Presiden Obama menjanjikan partainya tetap akan bersedia membahas anggaran yang seimbang. Walaupun dia siap melakukan hak veto kalau ada rencana menggagalkan proposal pemangkasan defisit tersebut.

Bursa Asia sebagian mulai bergerak naik seperti indeks Hang Seng naik 0,1%, indeks Kospi naik 0,3%, indeks STI naik 0,4%, indeks KLSE naik 0,1%. Sedangkan indeks Nikkei turun 0,4%, indeks Shanghai turun 0,1%, indeks ASX turun 0,7%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar