Selasa, 22 November 2011

Wall Street Melemah Jelang Liburan Tanksgiving

Headline
INILAH.COM, New York - Kekhawatiran terhadap utang AS dan Eropa telah membenamkan bursa saham Wall Street. Investor melakukan aksi jual menjelang liburan Tanksgiving.

Indeks Dow Jones turun 2,1% menjadi 11.547, indeks Nasdaq turun 1,9% ke 2.523 dan indeks S&P turun 1,8% ke 1.192. Indeks S&P terseret penurunan sektor utilitas dan telekomunikasi. Di akhir perdagangan, investor memburu saham murah. Namun Wall Street tetap melemah, yang dikutip dari yahoofinance.com.

Investor khawatir dengan kegagalan Supercommitte Kongres AS mencapai kesepakatan menghapus harapan pemulihan ekonomi yang baru mulai. Beranggotakan 12 anggota parlemen yang bertugas memangkas defisit anggaran US$1,2 triliun dari utang senilai US$15 triliun.

Walaupun keputusan terakhir ditunggu hari Rabu besok. Hari ini sebenarnya batas akhir proposal tersebut dibahas sebelum dibawa ke Kongres untuk pemungutan suara.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian seperti pemotongan payroll tax akan membuat ekonomi Amerika Serikat bertambah buruk. Ditambah kekhawatiran pelaku pasar terhadap ketidakmampuan commitee untuk menyepakati pemotongan defisit sehingga akan membuat downgrade rating Amerika Serikat oleh lembaga rating.

Tetapi sejauh ini lembaga rating tidak berkomentar. Sebelumnya Moody's Investors Service menyatakan, kenaikan bunga utang pemerintah Perancis dan proses pertumbuhan ekonomi melemah akan membuat rating credit Perancis negatif.

Saham bluechip mengalami penurunan paling tajam pada perdagangan saham Senin (21/11). Saham bluechip yang mengalami penurunan yaitu saham Bank of America turun 5% ke level US$5,49. Saham Amazon.com Inc turun 4% ke level US$189,25.

Selain itu, ketika bel penutupan, saham HP mengalami kenaikan 2,4% ke level US$27,50. Hal itu dipengaruhi setelah perseroan menyampaikan hasil kinerja keuangan yang melebihi harapan.

Sentimen lain yang mempengaruhi aktivitas merger di mana Pharmasset Inc turun 84,6% ke level US$134,14 setelah Gilead Sciences Inc menyetujui membeli perusahaan senilai US$11 miliar dalam bentuk tunai. Saham Gilead ke level US$ 36,26.

Data ekonomi Amerika Serikat menunjukkan penjualan rumah pada Oktober mengalami kenaikan karena tingkat bunga rendah.

Volume perdagangan saham yang diperdagangkan sekitar 7,78 miliar di bursa saham New York, NYSE Amex, dan Nasdaw di bawah rata-rata harian sebesar 8 miliar saham. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar