Selasa, 22 November 2011

Waduh, harga kontrak emas kembali dekati level terendah dalam sebulan

Waduh, harga kontrak emas kembali dekati level terendah dalam sebulan
SINGAPURA. Harga kontrak emas ditransaksikan mendekati level terendah dalam sebulan terakhir. Pada pukul 11.58 waktu Singapura, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat tak banyak mencatatkan perubahan di level US$ 1.678,50 per troy ounce. Padahal, pada transaksi sebelumnya, harga kontrak emas sempat naik 0,7%.

Sementara, kemarin, harga kontrak emas sempat turun ke posisi US$ 1.667,03 per troy ounce, yang merupakan level terendah sejak 25 oktober lalu. Sedangkan harga kontrak emas untuk pengantaran Desember naik 0,6% menjadi US$ 1.688,90 per troy ounce di Comex, New York. Jika dihitung, di sepanjang bulan ini, harga emas sudah turun 2,3% seiring penguatan dollar AS yang reli 3% terhadap enam mata uang utama dunia.

Penurunan harga emas tersebut terjadi setelah investor memilih untuk menggenggam dana tunai seiring kejatuhan harga saham dan penguatan dollar AS, yang dipicu krisis utang di Eropa dan AS.

"Investor memilih untuk menggenggam dana tunai. Saya memprediksi, harga emas tidak akan bergerak jauh dan akan sedikit mencatatkan penurunan," jelas Jack Ablin, chief investment officer Harris Private Bank.

Sekadar tambahan, bursa saham Asia sudah mencatatkan penurunan selama enam hari berturut-turut. Hari ini, penurunan bursa Asia dipicu oleh kegagalan supercommittee kongres AS terkait pemangkasan anggaran defisit negara tersebut.

Kendati demikian, kepemilikan emas untuk exchange traded produk menanjak menembus rekor tertingginya sebanyak 2.341,939 per metrik ton kemarin (21/11). "Kami memprediksi, arus dana ke emas batangan dan koin emas akan terus mengalir, sebab AS dan Eropa masih belum terbebas dari krisis utangnya," jelas Simon Francis, analis Samsung Securities Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar