Selasa, 31 Januari 2012

Bursa Eropa Diprediksi akan Positif

Medium
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa diprediksi akan menguat pada pembukaan perdagangan Selasa (31/1). Hasil KTT Uni Eropa sepakat untuk melakukan integrasi fiskal.

Indeks FTSE berpotensi naik 19 poin, indeks DAX akan naik 32 poin dan indeks CAC diprediksi akan naik 19 poin. Sementara bursa saham Asia sebagian menguat seperti indeks Hang Seng naik 0,6%, indeks Nikkei naik 0,1%, indeks Shanghai turun 0,1%, indeks ASX turun 0,2%, indeks Kospi naik 0,4%, indeks STI turun 0,3%.

Pada KTT Uni Eropa yang pertama tahun ini, kecuali Inggris dan Republik Ceko yang menolak dukungan terhadap perjanjian soal integrasi fiskal. Langkah ini diusulkan Jerman dan Prancis pada akhir tahun lalu. Namun usulan itu dinilai melanggar hukum suatu negara dengan melakukan integrasi fiskal.

Sementara, Perdana Menteri Portugalm Pedro Passos Coelho dipaksa untuk mengatasi kekhawatiran pemegang obligasi swasta. Portugal akan harus menghadapi writedown yang sama dengan besarnya utang negara tersebut. Coelho sedang berusaha untuk memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bailout senilai 78 miliar euro atau senilai US$103 miliar.

Pada lelang obligasi kemarin, imbal hasil untuk jatuh tempo 10 tahun mencapai rekor tertinggi hingga 17%. Selain Yunani, Portugal menjadi negara dengan imbal hasil tertinggi.

Hari ini, Belgia akan mengadakan lelang 3 dan 6 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar