Selasa, 31 Januari 2012

Setelah empat pekan reli, bursa AS ditutup merah

NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa AS ditutup melempem. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 turun 0,3% menjadi 1.313,01. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,1% menjadi 12.653,72.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS antara lain: Apple Inc dan Microsoft Corp yang setidaknya naik 1,2%. Sementara, Bank of America Corp turun 3%, Halliburton Co turun 1,1%, Chesapeake Energy Corp turun 1,1%, dan Gannett Co anjlok 6,9%.

Penurunan Wall Street kali ini dipengaruhi oleh kejadian di Eropa. Asal tahu saja, pimpinan Eropa tidak sepakat dengan Yunani mengenai program penyelamatan kedua.

"Sangat sulit melakukan perubahan substansif di Eropa. Dalam jangka pendek, ada keraguan mengenai kesediaan Yunani dan mungkin beberapa negara Eropa lain untuk menjalankan reformasi fiskal. Isu apapun yang menghambat kemajuan di kawasan euro akan menyebabkan aksi jual," urai Kevin Caron, market strategist Stifel Nicolaus & Co di New Jersey.

Sekadar informasi, penurunan indeks S&P 500 pada hari ini terjadi setelah reli selama empat pekan berturut-turut. Reli itu dipicu oleh rencana the Federal Reserve untuk menahan suku bunga acuan pada level rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar