Senin, 30 Mei 2011

Kiwi perkasa ke level paling kuat sepanjang sejarah

Kiwi perkasa ke level paling kuat sepanjang sejarah
TOKYO. Dollar Selandia Baru perkasa ke level tertinggi sepanjang sejarah. Penguatan kiwi terjadi setelah pemerintah setempat merilis data mengenai surplus neraca perdagangan yang juga mencatatkan kenaikan rekor baru.

Dalam tiga bulan terakhir, kiwi sudah menguat 10% terhadap dollar. Salah satu penyebabnya, permintaan susu dan daging ekspor dari Asia melonjak.

"Lonjakan pendapatan yang berasal dari kawasan Asia mendongkrak perekonomian Selandia Baru. Hal ini juga terefleksi dari penguatan dollar Selandia Baru," jelas Richard Grace, chief currency strategist and head of international economics Commonwealth Bank of Australia.

Catatan saja, pagi tadi, kiwi bertengger di posisi 82,19 US sen. Ini merupakan level paling kuat sejak 1985 lalu. Pada pukul 10.05 waktu Sydney, kiwi berada di posisi 82,11 US sen dari 81,92 sen di New York pada 27 Mei lalu. Posisi rekor kiwi sebelumnya terjadi pada Febuari 2008 yakni di level 82,14 US sen.

Sekadar tambahan, surplus neraca perdagangan Selandia Baru pada April 2011 melonjak dua kali lipat dari prediksi ekonom. Berdasarkan data yang dirilis Statistics New Zealand, tingkat ekspor berhasil melampaui tingkat impor senilai NZ$ 1,11 miliar atau US$ 910 juta. Ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah.

Sementara, nilai tengah 13 ekonom yang disurvei Bloomberg memprediksi surplus ekspor sebesar NZ$ 600 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar