Selasa, 10 Mei 2011

Pemangkasan kredit utang Yunani bikin indeks emerging market terjungkal

NEW YORK. Mayoritas bursa saham di emerging market mengalami penurunan kemarin. Hal itu terjadi setelah Standard & Poor's memangkas peringkat utang Yunani sebanyak dua level.

Di New York, MSCI Emerging Market Index turun 0,1% menjadi 1.161,94. Penurunan dipimpin oleh bursa saham di kawasan Eropa Timur. Kendati begitu, ada pula indeks acuan yang mengalami kenaikan.

Index Bovespa Brazil, misalnya, naik 0,3% setelah ekonom memangkas prediksi inflasi Brazil di tahun ini untuk pertama kali dalam sembilan minggu.

"Isu utang Yunani kembali menjadi momok. Sementara, bursa Asia tertolong oleh kenaikan harga komoditas dan data positif tenaga kerja AS yang dirilis Jumat kemarin," kata Nick Chamie, market strategist RBC Capital.

Catatan saja, MSCI Emerging Market sudah mengalami kenaikan sebesar 0,9% tahun ini. Namun, indeks acuan 21 negara ini 3,7% lebih rendah dari posisi tertinggi di tahun ini pada 2 Mei lalu. Indeks negara berkembang ini juga lebih rendah dari performa MSCI World Index yang sudah naik 4,9% di sepanjang tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar