Selasa, 10 Mei 2011

Meski sentimen Yunani cukup mengganggu, namun bursa Asia berhasil melaju

Meski sentimen Yunani cukup mengganggu, namun bursa Asia berhasil melaju
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia mengalami kenaikan. Penyebabnya, sejumlah perusahaan Jepang berhasil membukukan kinerja positif.

Pada pukul 16.11 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 137,84. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 0,3%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,7%, serta indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,3%.

Sedangkan sejumlah pasar saham Asia ditutup karena libur nasional. Mereka adalah pasar finansial Hongkong dan Korea Selatan.

Saham-saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia diantaranya Sumitomo Heavy Industries Ltd yang melejit 12% di Tokyo, Toshiba Corp yang naik 3,7%, Nintendo Co turun 1,6%, dan Billabong International Ltd turun 1,2%.

Lonjakan bursa Asia ini terjadi di tengah sentimen negatif yakni pemangkasan peringkat utang Yunani oleh S&P sebanyak dua level. "Yunani masih menjadi borok bagi komunitas investasi. Namun saya rasa hal itu tidak akan mengganggu pemulihan ekonomi global," jelas Prasad Patkar dari Platypus Asset Management Ltd di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar