Rabu, 01 Juni 2011

Bapepam-LK Minta Emiten Laksanakan GCG

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Bapepam-LK menekankan emiten untuk melaksanakan good corporate governance (GCG). Hal ini mendukung kepercayaan berinvestasi di pasar modal sehingga pasar modal akan sehat.

"Sangat berharap emiten bersama regulator untuk memajukan pasar modal Indonesia. Kepercayaan bisa dipertahankan, prinsip GCG tetap dipertahankan dalam jangka panjang," ujar Kepala Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Nurhaida, Selasa (31/5) dalam acara penganugerahan lima emiten terbaik 2010 versi IFR.

Lebih lanjut ia mengatakan, GCG ini menekankan keterbukaan informasi. Keterbukaan informasi ini dibutuhkan oleh investor agar dapat yakin terhadap pilihan investasinya. Menurut Nurhaida, sering emiten menganggap keterbukaan sesuatu yang sulit dilakukan.

"Keterbukaan informasi itu merepotkan bagi emiten dan menjadi beban sehingga berusaha go private dan itu disayangkan. Padahal prinsip GCG itu ada transparansi, independen, dan fairness, dan prinsip itu sangat dipentingkan dan menjadi bagian dari GCG," kata Nurhaida.

Terkait kasus pembobolan dana PT Elnusa Tbk di PT Bank Mega Tbk, Nurhaida mengharapkan, kedua emiten tersebut dapat memberikan keterbukaan informasi dengan jelas kepada publik. "Elnusa dan Bank Mega wajib memberikan keterbukaan informasi yang signifikan, dan ranah Bapepam-LK melihat keterbukaan informasi yang sudah diungkapkan kepada publik," ujar Nurhaida. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar