Jumat, 22 Juli 2011

Aksi buyback dorong saham TLKM melaju kencang

Aksi buyback dorong saham TLKM melaju kencang
JAKARTA. Saham PT Telkom Indonesia (TLKM) pagi ini bergerak positif. Pada transaksi pagi tadi, saham perusahaan halo-halo ini sempat terbang 1,4% menjadi Rp 7.400. Namun, pada pukul 09.48, saham TLKM naik 0,68% menjadi Rp 7.350.

Data Bloomberg menunjukkan, sejumlah broker yang terlihat getol memburu saham ini adalah CIMB Securities senilai Rp 3,72 miliar, JPMorgan Securities senilai Rp 2,62 miliar, dan Credit Suisse Securities senilai Rp 1,31 miliar.

Disinyalir, kenaikan saham TLKM terkait dengan aksi korporasi perusahaan. Asal tahu saja, TLKM sudah membeli kembali saham alias buyback 52,214 juta lembar saham. Dana yang sudah dipakai perseroan untuk melakukan pembelian kembali ini sebanyak Rp 382 miliar dari total Rp 5 trilliun. Harga rata-rata buyback yang telah terealisasi pada level Rp 7.015 hingga Rp 7.650. Program buyback ini dimulai dari tanggal 20 Mei 2011 sampai 20 Desember 2012.

Menurut Kepala Riset eTrading Securities Betrand Reynaldi, buyback merupakan soft deviden untuk juga memberikan indikasi ke investor bahwa level harga buyback merupakan level harga yang masih menarik (undervalue). "Buyback akan menurunkan book value namun akan mendorong pertumbuhan laba bersih per saham. Kami menilai hal ini juga merupakan signal bahwa manajemen perseroan saat ini belum punya rencana ekspansi usaha yang
besar dan akan terealisir dalam jangka pendek," jelasnya. Tujuan dari buyback agar tingkat pengembalian ROE meningkat demikian dengan EPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar