Jumat, 22 Juli 2011

Paket Bailout Yunani akan Dorong Bursa Eropa

Headline
INILAH.COM, London - Paket bailout Yunani dan penyelamatan krisis utang diprediksi akan mendorong bursa saham Eropa bergerak positif.

Indeks FTSE diperkirakan naik 32 poin ke5.899,89, indeks DAX akan naik 35 poin dan indeks CAC akan naik 23 poin. Para pemimpin Uni Eropa dan 17 negara telah memutuskan paket dana bantuan untuk Yunani, Irlandia dan Portugal, demikian dikutip dari yahoofinance.com.

jatuh tempo pinjaman kepada negara-negara ini akan diperpanjang lebih dari 7 tahun dan hingga 15 tahun. Untuk suku bunga telah diperingan dari antara 4,5% dan 5,8% menjadi 3,5%. Demikian juga dengan fasilitas Stabilisasi keuangan Uni Eropa akan digunakan untuk membeli obligasi di pasar sekunder.

Untuk kreditur Yunani dari swasta akan kehilangan 21% dari kepemilikan obligasi mereka. Dengan disodorkan empat pilihan termasuk 3 penawan dan satu rollover ke utang dengan jatuh tempo 30 tahun atau skema buyback obligasi.

Bank yang ikut dalam penyelamatan itu seperti Duetsche Bank, HSBC, BNP Paribas dan Societe Generale. Belum lagi ada perusahaan asuransi seperti Allianz, AXA dan Generali.

Wall Street pada perdagangan kemarin juga naik dengan kesepakatna ini. Demikian juga dengan bursa Asia yang menghijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar