Senin, 11 Juli 2011

Isu Italia Tekan Bursa Eropa Negatif

Medium
INILAH.COM, London - Kekhawatiran Italia terseret krisis utang di kawasan Eropa telah menekan bursa saham Eropa melemah pada perdagangan Senin (11/7).

Indeks FTSE turun 0,2% ke 5.974, indeks DAX turun 0,8% ke 7.339 dan indeks CAC turun 1,05% ke 3.872. Pada Jumat lalu bursa Eropa turun 0,8% setelah pertumbuhan ekonomi AS lebih rendah dari yang diharapkan hal ini terlihat dari penyerapan tenaga kerja yang turun. Sedangkan hari ini diwarnai dengan turunnya saham bank dari Italia, Intesa SanPaolo turun 2,7% dan Uni Crecit turun 1,5%.

Otoritas perbankan Italia pada Minggu lalu berusaha mengekang volatilitas saham setelah aksi jual saham bank domestik dan obliasi pemerintah pada hari Jumat lalu.

"Investor belum memiliki acuan dengan efek domino krisis di Eropa, siapa korbank berikutnya. Tetapi pertemuan pejabat Uni Eropa diharapkan dapat menghentikan spekulasi itu. Investor sementara mencari aset lindung nilai," kata Strategi trading di Charles Stanley, Jeremy Batstone-Carr yang dikutip dari yahoo.finance.com.

Meskipun Italia memiliki masalah yang berbeda dengan Yunani, Portugal dan Irlandia tetapi cukup mengundang perhatian investor. Italia bukan korban berikutnya sebagai negara Eropa yang terkena krisis.

Sedangkan bursa Eropa lebih banyak terkoreksi seperti indeks Hang Seng turun 1,6% ke 22.347, indeks Nikkei turun 0,6% ke 10.069, indeks Shanghai naik 0,1% ke 2.802 dan indeks ASX turun 1,5% ke 4.582.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar