Kamis, 07 Juli 2011

Kekhawatiran utang Eropa mencuat lagi, emas lanjut reli hari kedua

Kekhawatiran utang Eropa mencuat lagi, emas lanjut reli hari kedua
WELLINGTON. Emas reli dalam dua hari terakhir seiring meningkatnya kekhawatiran atas utang negara Eropa. Kondisi ini mendongkrak permintaan terhadap logam mulia sebagai aset aman (safe haven).

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 1,1% ke level US$ 1.529,20 per ons troy, pada pukul 1.43 sore di Comex, New York. Kontrak yang sama melaju ke US$ 1.529.50 per ons troy, pada pukul 8.13 pagi waktu Melbourne.

Harga emas sudah reli 28% dalam 12 bulan terakhir karena meningkatnya kekhawatiran terhadap utang Eropa, dan AS menekan suku bunga di level bawah. Kedua faktor ini memicu naiknya daya tarik emas sebagai alternatif mata uang.

Euro turun terhadap dollar AS setelah Moody `s Investors Service memangkas peringkat utang Portugal. Hal ini mencuatkan lagi kekhawatiran negara lain di Eropa akan membutuhkan bailout. Pada dua pekan sebelumnya, emas jatuh karena Yunani terhindar dari gagal bayar utangnya.

Ahli strategi pasar dari broker Lind-Waldock Adam Klopfenstein menyebut, dengan kecemasan di Portugal dan masalah utang yang bergulir di AS, maka terlalu banyak kasus yang bisa memicu harga emas bullish.

Sementara, ekonom sekaligus editor Gartman Letter Dennis Gartman merekomendasikan untuk memegang emas dalam mata uang asing untuk melakukan lindung nilai terhadap dollar AS yang relatif menguat. "Kami tetap memprediksi bullish emas dalam mata uang non dollar," sebutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar